Selasa, 26 Januari 2016

Firewall , DroidWall for Android

Halo, syallom teman-teman sekalian. Tidak sadar jaman sudah sangat cepat berubah, apalagi Teknologi dan Informatika yang begitu canggih dan terus berkembang pesat yang dipacu oleh negara negara maju semakin membuat jaman ini semakin canggih, khususnya kemajuan teknologi dunia maya. Kali ini mimin mau bahas tentang firewall neh :D .
Ada yang udah tau tentang firewall belom? kalau anak IT sih ga usah di tanya, pasti bakal bosen liat barang begitu. Nah, bagi yang belum tahu mimin mau berbagi sedikit nih tentang firewall ini.


Apa Itu Firewall Dan fungsinya? Dalam konstruksi bangunan, firewall adalah dinding yang tidak mudah terbakar yang mencegah kebakaran menyebar ke seluruh bangunan. Rumah, misalnya, mungkin memiliki firewall antara garasi dari rumah untuk mencegah kebakaran mengancam garasi dari kamar lain. 

Dengan cepat firewall populer di internet, firewall adalah istilah yang lebih umum digunakan dalam jaringan komputer. Seperti firewall yang digunakan di rumah-rumah dan bangunan, firewall komputer bertindak sebagai penghalang antara komputer dalam jaringan. Bagi perusahaan dengan jaringan komputer atau untuk individu dengan koneksi permanen ke internet (seperti melalui DSL atau kabel), firewall sangat penting.

Tanpa firewall, penyusup pada jaringan kemungkinan akan mampu menghancurkan, merusak atau mendapatkan akses ke file di komputer Anda. Firewall dapat ditemukan dalam bentuk perangkat keras atau perangkat lunak. Walaupun tanpa penjelasan kompleks tentang bagaimana firewall bekerja, fungsi firewall adalah sebagai seperangkat filter yang terus-menerus memantau lalu lintas pada jaringan.

Setiap kali paket informasi melewati salah satu filter, firewall mencegah upaya jahat dan mencegah kerusakan. Tentu saja, kadang-kadang firewall memblokir lalu lintas yang kita inginkan, tetapi dapat juga memblokir progragram yang kita percaya aman. Melalui beberapa pengaturan, proses perbaikan fungsi dan fasilitas firewall ditingkatkan dan filter dapat disesuaikan dengan keinginan kita untuk meningkatkan keberhasilan mereka.

Banyak pengguna komputer yang mengakses internet melalui router broadband, mereka ini sangat diuntungkan dengan adanya firewall. Router itu sendiri dapat dikonfigurasi untuk melayani sebagai firewall, setiap serangan jahat dari jaringan, akan berhenti di router sehingga terhindar dari efek buruk komputer lain. Seperti hardware firewall dapat lebih diperkuat dengan pertahanan lini sekunder dalam bentuk firewall perangkat lunak !

Jadi fungsi Firewall adalah software computer yang digunakan untuk memblock koneksi antara komputer dalam sebuah jaringan.

nah kali ini mimin mau kasih tau tentang firewall di Android, tentu dong Android punya firewall juga karna Android memakai jaringan yang kurang lebih atau sama dengan computer pada dasarnya. tapi yang bikin beda nih genks, anda perlu mendownload atau mengunduh aplikasi untuk mengaktivkan firewall di android anda, banyak macam aplikasi firewall di App Store namun kali ini kita coba pakai yang namanya "DroidWall".

Kira-kira seperti ini tampilan pada saat anda sudah mengunduh aplikasi dan siap menginstall ke Android anda agar firewall segera aktiv.
Langkah :
1. Install Aplikasi
    


2. Selanjutnya pilih mode yang ingin anda aktivkan
ada dua mode yaitu blacklist dan whitelist, blacklist (anda tidak diijinkan atau tidak diberikan hak       akses untuk mengakses koneksi data yang ada, sebaliknya dengan whitelist.


3. Habis itu pilih aplikasi aplikasi pada Android anda yang anda inginkan untuk dapat mengakses koneksi data anda.


4. lalu pilih tombol menu dan selanjutnya enablekan firewallnya.


5. lalu akan muncul pop-up dari super user ,pilih grant dan pilih menu serta exit


dan firewall siap dipakai boss :D serta sudah aktiv pada Android anda, trima kasih telah membaca blog ini, jika ada kesamaan dalam kalimat atau gambar tolong di maafkan karna tujuan blog ini hanya untuk berbagi ilmu yang ada walau tidak seberapa, sampai jumpa lain waktu genks :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar